Berkas Korupsi Koperasi UPN Masuk Kejaksaan

Berkas Korupsi Koperasi UPN Masuk Kejaksaan

Bineka.id - Berkas perkara korupsi Primer Koperasi UPN Veteran Jawa Timur yang menjerat 3 Yuliatin (65), Sri Risno Jatiningsih (73) dan Wiwik Indrawati (50) masuk di Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya, Rabu (17/1/2024).

Kasi Intel Kejari Tanjung Perak Surabaya, Jemmy Sandra SH MH mengatakan, akibat korupsi pinjaman ke Bank Jatim Syariah Cabang Pembantu Surabaya Utara sekitar Rp7 miliar, Negara dirugikan Rp4.436.748.265,22.

“Terhadap para tersangka ini kita sangkakan dengan melanggar Pasal 2 ayat 1 Jo. Pasal 14 Undang-undang nomor 21 tahun 1999 Jo Undang-undang nomor 20 tahun 2021 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi,” kata Jemmy kepada wartawan.

Ketiganya, baik Yuliatin, Sri Risno Jatiningsih dan Wiwik Indrawati dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 3 Jo Pasal 14 Undang-undang nomor 21 tahun 1999 Jo Undang-undang nomor 20 tahun 2021 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Meski ditetapkan tersangka, Yuliatin, Sri Risno Jatiningsih dan Wiwik Indrawati tidak mendekam dalam penjara. “Dasar kami untuk melakukan penahan kota berdasarkan permohonan dari pengacara para tersangka, dan mengingat juga faktor kesehatan dan umur para tersangka yang belum memungkinkan untuk ditahan di tahanan,” terang Jemmy.

Sementara, Heru dari Masyarakat Anti Korupsi (Maki) Cabang Jawa Timur mengapresiasi tahanan kota yang diberikan oleh Kejaksaan. ”Alhamdulillah proses pengajuan pengalihan penahanan direspon positif oleh Bapak Kajari Tanjung Perak dan finally ketiga tersangka akhirnya resmi menjadi tahanan kota sesuai harapan positif kita bersama,” terangnya. (Har)

 

Bawaslu Apresiasi Lomba Konten Vidio Pemilu Untuk Sosialisasi Ke Masyarakat
HR Club Pasuruan Siap Selsaikan Persoalan Tenaga Kerja Dengan Konsep 3 in 1